Pembelajaran : Upaya guru untuk membantu siswa belajar
Belajar : Upaya seseorang untuk Mengembangkan kemampuan dirinya (kognitif, psikomotorik, dan afektif)
Pandangan Tentang
Pembelajaran dari Berbagai Aliran
1)
Aliran Behaviorisme
Para ahli behaviorisme berpendapat
bahwa belajar adalah perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman.
2)
Aliran
Konstruktivisme
Belajar menurut
konstruktivisme adalah suatu proses mengaitkan pengalaman atau pelajaran dengan
pengertian yang sudah dimiliki, sehingga pengetahuannya dapat dikembangkan.
3)
Aliran Kognitivisme
Aliran ini menekankan bahwa perilaku
seseorang ditentukan oleh persepsi serta pemahaman tentang situasi yang
berhubungan dengan tujuan belajar.
4)
Aliran Humanisme
Menurut teori ini, proses belajar
harus berhulu dan bermuara pada manusia.
PENDEKATAN
PEMBELAJARAN
Pendekatan pembelajaran
merupakan sudut pandang atau orientasi yang digunakan dalam pemilihan metode
atau teknik pembelajaran.
FUNGSI PENDEKATAN
PEMBELAJARAN
1)
Sebagai pedoman umum dalam menyusun langkah-langkah
metode pembelajaran yang akan digunakan.
2)
Memberikan garis-garis rujukan untuk perancangan
pembelajaran.
3)
Menilai hasil-hasil pembelajaran yang telah dicapai.
4)
Mendiaknosis masalah-masalah belajar yang timbul.
5)
Menilai apa yang telah dilaksanakan.
JENIS PENDEKATAN
PEMBELAJARAN
1)
Pendekatan Kontekstual / Contextual Teaching and
Learning (CTL) Pendekatan Konsep
2)
Pendekatan Kontruktivisme
3)
Pendekatan Deduktif
4)
Pendekatan Induktif
5)
Pendekatan Konsep
6)
Pendekatan Proses
7)
Pendekatan Saintific
8)
Pendekatan Sains, Teknologi, dan Masyarakat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar