Minggu, 31 Desember 2017

PANDANGAN DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN



Pembelajaran : Upaya guru untuk membantu siswa belajar
Belajar            : Upaya seseorang untuk Mengembangkan kemampuan dirinya (kognitif, psikomotorik, dan afektif)

Pandangan Tentang Pembelajaran dari Berbagai Aliran
1)   Aliran Behaviorisme
Para ahli behaviorisme berpendapat bahwa belajar adalah perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman.
2)   Aliran Konstruktivisme
Belajar menurut konstruktivisme adalah suatu proses mengaitkan pengalaman atau pelajaran dengan pengertian yang sudah dimiliki, sehingga pengetahuannya dapat dikembangkan.
3)   Aliran Kognitivisme
Aliran ini menekankan bahwa perilaku seseorang ditentukan oleh persepsi serta pemahaman tentang situasi yang berhubungan dengan tujuan belajar.
4)   Aliran Humanisme
Menurut teori ini, proses belajar harus berhulu dan bermuara pada manusia.

PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Pendekatan pembelajaran merupakan sudut pandang atau orientasi yang digunakan dalam pemilihan metode atau teknik pembelajaran.

FUNGSI PENDEKATAN PEMBELAJARAN
1)   Sebagai pedoman umum dalam menyusun langkah-langkah metode pembelajaran yang akan digunakan.
2)   Memberikan garis-garis rujukan untuk perancangan pembelajaran.
3)   Menilai hasil-hasil pembelajaran yang telah dicapai.
4)   Mendiaknosis masalah-masalah belajar yang timbul.
5)   Menilai apa yang telah dilaksanakan.

JENIS PENDEKATAN PEMBELAJARAN
1)     Pendekatan Kontekstual / Contextual Teaching and Learning (CTL) Pendekatan Konsep
2)     Pendekatan Kontruktivisme
3)     Pendekatan Deduktif
4)     Pendekatan Induktif
5)     Pendekatan Konsep
6)     Pendekatan Proses
7)     Pendekatan Saintific
8)     Pendekatan Sains, Teknologi, dan Masyarakat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar