RPP Maharah
Kalam Mata Pelajaran Bahasa Arab
Sesuai kurikulum 2013
Sekolah :
Madrasah Aliyah Bahrul Ulum
Mata Pelajaran :
Bahasa Arab
Kelas/Semester :
X/Satu
Materi Pokok : Maharah
Kalam
Sub-Materi Pokok :
Al-Usrah (Keluarga)
Alokasi Waktu : 1
Pertemuan (2 JP).
A.
Tujuan
Pembelajaran
Tujuan
pembelajaran maharah Kalam yang terkait dengan topik keluarga (Al-Usrah) adalah sebagai berikut:
1)
Mensyukuri anugerah Tuhan berupa bahasa Arab sebagai
bahasa Agama dan bahasa pengantar komunikasi
internasional serta
diberi kesempatan untuk mempelajarinya yang diwujudkan dalam bentuk sikap
bangga dan semangat belajar.
2)
Peserta didik
mengenal sistem bunyi bahasa Arab (huruf, kata, frase, maupun kalimat), makna
dan fungsi ungkapan yang terkait dengan keluarga (Al-Usrah).
3)
Peserta didik memperoleh
informasi dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana tentang al-Usrah (keluarga) secara
tepat.
4)
Menyampaikan
berbagai informasi lisan sederhana
tentang keluarga (al-Usrah).
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
1
|
1.1 Mensyukuri anuge
rah
Tuhan berupa bahasa Arab sebagai bahasa agama dan bahasa pengantar komunikasi
internasional serta
diberi kesempatan untuk mempelajarinya yang diwujudkan dalam bentuk sikap
bangga dan semangat belajar.
|
1.1.1
Membiasakan
penggunaan bahasa Arab sebagai alat komunikasi di kelas maupun di luar kelas
dengan guru dan teman.
1.1.2
Membiasakan
hadir tepat waktu dalam kegiatan pembelajaran bahasa Arab di kelas.
1.1.3
Selalu
mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru bahasa Arab.
|
2
|
2.1 Menunjukkan perilaku santun, responsif, proaktif
dalam melakukan komunikasi dengan guru maupun teman
|
2.1.1
memahami
kalimat ungkapan dalam contoh dialog yang berhubungan dengan Al-Usrah (keluarga).
2.1.2
Mengacungkan jari telunjuk ketika ingin mengajukan
pertanyaan dan menjawab pertanyaan guru
2.1.3
Tidak menjawab pertanyaan dari guru sebelum diperintah
untuk mengutarakan jawaban
2.1.4
Merespon pertanyaan guru yang berhubungan dengan Al-Usrah
(keluarga).
2.1.5
Menggunakan bahasa Arab
yang baik dan benar ketika
berkomunikasi dengan guru dan teman tentang Al-Usrah (keluarga).
2.1.6
Menyebutkan anggota
keluarga dengan menggunakan bahasa Arab yang baik dan benar.
|
3
|
3.1
Menggunakan
kata, frasa, dan kalimat Bahasa Arab dalam wacana yang berkaitan dengan al-Usrah (keluarga) secara lisan
|
3.1.1
Menyampaikan kosa
kata yang berhubungan dengan al-Usrah (keluarga).
3.1.2
Menggunakan bentuk ungkapan baku yang
berkaitan dengan al-Usrah (keluarga).
|
4
|
4. 1 Memperoleh informasi dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana
tentang al-Usrah (keluarga) secara tepat.
|
4.1.1
Mengamati guru
saat memodelkan percakapan (hiwar)
yang terkait dengan keluarga (al-usrah).
4.1.2
Menirukan kosa
kata dan ungkapan-ungkapan yang terkait dengan keluarga (al-usrah)
dengan menggunakan model dril
4.1.3
Mengenalkan anggota
keluarga menggunakan hiwar sederhana kepada teman yang duduk bersebelahan
secara bergantian.
4.1.4
Menceritakan gambar berseri dengan panduan pertanyaan
|
C.
Materi Pembelajaran
Materi pelajaran berupa hiwar tentang keluarga (al-usrah) yaitu tentang yang terdiri dari:
1)
Fungsi
Sosial
Memperkenalkan keluarga
2)
Mufrodat tentang keluarga
1.
صورة
2.
أسرة
3.
والد
4.
والدة
5.
جد
6.
جدة
7.
ابن
3)
Formula ungkapan tentang keluarga
1.
من هذا؟
2.
من هذه؟
3.
هل هذه صورة أسرتك؟
4)
Isi
Teks Kalam
علي : السلام
عليكم
عمّار : وعليكم
السلام
علي : هذه صورة
أسرتي
عمار : ما شاء
الله
عمار : من هذا؟
علي : هذا والدي
عدنان. هو مهندس.
عمار : ومن هذه؟
علي : هذه
والدتي سعيدة. هي طبيبة
عمار : ومن هذا؟
علي : هذا أخي
عيسى. هو طالب.
عمار : ومن هذه؟
علي : هذه أختي
عبلة.هي معلمة. وهذا جدّي. وهذه جدّتي.
عمار : ماشاء
الله !
D.
Metode Pembelajaran
1) Pendekatan Kontekstual-Komunikatif.
2)
Pendekatan
Saintifik.
E.
Media Pembelajaran, Alat, dan Sumber Belajar
1)
Media : Gambar kosakata tentang al-usrah (keluarga)
2)
Alat : Komputer, LCD, bordmarker, papan tulis, penghapus
3)
Sumber
Belajar : العربية بين يديك (1) صفحة 25
F.
Langkah-Langkah Pembelajaran
a.
Pendahuluan
(10 menit)
1)
Guru mengucapkan salam dan memulai pelajaran
dengan membaca do’a
2)
Guru menyapa dan menanyakan kabar siswa
3)
Guru mengecek kehadiran siswa
4)
Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan
dipelajari
5)
Guru menunjukkan gambar kosa kata tentang Al-usrah
(keluarga) secara langsung menggunakan media komputer (LCD), untuk
memberi stimulus kepada siswa tentang materi yang akan dipelajari.
6)
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan
kompetensi yang harus dimiliki siswa
7)
Guru
menjelaskan gambaran umum tentang materi yang akan dipelajari.
b.
Kegiatan
Inti (70 menit)
Mengamati
1.
Peserta
didik memperhatikan dan menirukan kosa kata dan ungkapan-ungkapan yang terkait
dengan keluarga (al-usrah) dengan menggunakan model dril mufradat
2.
Peserta
didik mengamati guru saat memodelkan percakapan (hiwar) yang terkait dengan keluarga (al-usrah).
3.
Peserta
didik mencatat mufradat atau ungkapan-ungkapan penting yang terkait
dengan keluarga (al-usrah).
Menanya
1.
Peserta
didik menanyakan mufradat atau ungkapan-ungkapan yang belum dimengerti.
2.
Peserta
didik menanyakan bagaimana ungkapan-ungkapan yang terkait dengan keluarga (Al-Usrah).
Mencoba
1.
Peserta
didik mencoba mengenalkan anggota keluarga menggunakan hiwar sederhana kepada
teman yang duduk bersebelahan secara bergantian.
2.
Peserta
didik secara berpasangan melakukan dialog perihal keluarganya dengan cara
saling berganti peran.
Mengkomunikasikan
1.
Peserta
didik memperkenalkan anggota keluarganya kepada guru dan teman-teman di depan
kelas secara monolog dengan menggunakan bahasa Arab yang baik dan benar.
2.
peserta
didik melakukan dialog tentang keluarga di depan kelas dengan menggunakan
bahasa Arab yang baik dan benar.
c.
Penutup
(10 menit)
1.
Guru
mengecek ulang pemahaman peserta didik tentang makna dan fungsi
ungkapan-ungkapan yang terkait dengan keluarga (Al-Usrah).
2.
Guru
bersama-sama peserta didik membuat konklusi tentang materi yang baru
dipelajari.
3.
Guru
meminta peserta didik untuk memberikan refleksi (bisa berupa kesan, pesan,
kritik, saran perbaikan) terhadap sistem pembelajaran yang baru saja
berlangsung.
4.
Guru
memberitahukan kepada peserta didik tentang keterampilan berbahasa Arab yang
akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
G.
Penilaian
a.
Ranah
yang dinilai : sikap dan Performansi
berbahasa Arab (maharah kalam)
b.
Teknik
Penilaian : Observasi dan
Performansi
c.
Instrumen : Lembar observasi sikap
dan performansi (maharah kalam).
d.
Instrumen
Penilaian
1)
Sikap Spiritual
No
|
Butir KD yang Dinilai
|
Indikator
|
Jumlah
butir instrumen
|
1
|
Mensyukuri Anugerah Tuhan
|
Membiasakan penggunaan bahasa Arab sebagai alat komunikasi di
kelas maupun di luar kelas dengan guru dan teman.
|
1
|
Membiasakan
hadir tepat waktu dalam kegiatan pembelajaran bahasa Arab di kelas.
|
1
|
||
Selalu
mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru bahasa Arab.
|
1
|
Implementasi:
a.
Rentangan
Skor
Skor
|
Kreteria
|
Kualifikasi
|
4
|
Selalu melakukan (≥ 3.5)
|
Sangat baik
|
3
|
Sering melakukan ( 2,5 s.d 3,4)
|
baik
|
2
|
Kadang-kadang/jarang melakukan (1,5 s.d 2,4)
|
cukup
|
1
|
Tidak pernah melakukan (≤ 1,4)
|
kurang
|
b.
Lembar
Observasi Teknik Penskoran
Kelas : X
Semester : I
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Waktu
Pengamatan:
KD yang diamati : Mensyukuri Anugerah Tuhan
Indikator Sikap : Lihat pada uraian di atas.
No
|
Nama
|
Skor Sikap Spiritual
|
Jumlah
|
Skor Akhir
|
Kualifikasi
|
||
Indikator 1
|
Indikator 2
|
Indikator 3
|
|||||
1
|
Lathifah
|
3,5
|
2
|
3,5
|
9
|
(9:12)x 4= 3
|
baik
|
2
|
Amir
|
4
|
3
|
4
|
11
|
(11:12) x 4= 3,7
|
Sangat baik
|
2) Sikap Sosial
No.
|
Butir KD yang
Dinilai
|
Indikaator
|
Jumlah butir
instrumen
|
1
|
Santun
|
Mengacungkan jari telunjuk ketika ingin
mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan guru
|
1
|
Tidak menjawab pertanyaan dari guru sebelum
diperintah untuk mengutarakan jawaban
|
1
|
||
2
|
Responsif
|
Merespon
pertanyaan guru yang berhubungan dengan Al-Usrah (keluarga).
|
1
|
Menggunakan bahasa Arab
yang baik dan benar ketika
berkomunikasi dengan guru dan teman.
|
1
|
||
3
|
Proaktif
|
memahami kalimat ungkapan dalam contoh dialog yang berhubungan
dengan Al-Usrah (keluarga).
|
1
|
Menyebutkan anggota keluarga dengan menggunakan bahasa Arab yang
baik dan benar.
|
1
|
Implementasi:
a.
Rentangan
Skor
Skor
|
Kreteria
|
Kualifikasi
|
4
|
Selalu melakukan
|
Sangat baik
|
3
|
Sering melakukan
|
baik
|
2
|
Kadang-kadang/jarang melakukan
|
cukup
|
1
|
Tidak pernah melakukan
|
kurang
|
b.
Lembar
Observasi Teknik Penskoran
Kelas : X
Semester : I
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Waktu
Pengamatan:
KD yang diamati : Perilaku santun dan responsif
Indikator Sikap : Lihat pada uraian di atas.
Nama
|
Skor Sikap
Sosial
|
jmlh
|
Skor Akhir
|
Kualifikasi
|
|||||
Indik 1
|
Indik 2
|
Indik3
|
Indik 4
|
Indik 5
|
Indik6
|
||||
Salma
|
3
|
2
|
4
|
2
|
2
|
1
|
14
|
(14:24) x6 = 3,5
|
Sangat baik
|
fina
|
2
|
2
|
2
|
4
|
1
|
2
|
13
|
(13:24) x6 = 3,25
|
baik
|
3)
Aspek yang Dinilai dalam Maharah Istima’
No.
|
Aspek yang
dinilai
|
Skor Maksimal
|
1
|
Qowaid
|
20
|
2
|
Kosakata
|
20
|
3
|
Kelancaran
|
20
|
4
|
Pemahaman
|
30
|
5
|
Kepercayaan
diri
|
10
|
|
|
100
|
a.
Lembar
Observasi Performansi
Kelas : X
Semester : I
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Waktu
Pengamatan:
KD yang diamati : KD 3 dan KD 4
Indikator KD : Lihat p ada
uraian di atas.
No.
|
Nama
|
Skor peraspek
yang diperoleh
|
Skor yang
diperoleh
|
||||
Qowaid
|
Kosakata
|
Kelancaran
|
Pemahaman
|
Kepercayaan
diri
|
|||
1
|
Syifa
|
5
|
5
|
10
|
20
|
20
|
60
|
2
|
Salam
|
10
|
10
|
20
|
25
|
30
|
95
|
b.
Soal
أ.
قولوا
كما قلت :
1.
صورة
2.
أسرة
3.
والد
4.
والدة
5.
جد
6.
جدة
7.
ابن
ب.
ماذا
تقول إذا قال لك أخوك ما يلي !
4.
هل
هذه صورة أسرتك؟ نعم، هذه صورة أسرتي
5.
من
هذا ؟ هذا أبي
6.
من
هذه ؟ هذه أمي
7.
من
هذا ؟ هذا أخي الصغير
ج.
انظر
إلى استاذتك حين يحاور عن الأسرة! و قلدوا !!
علي : السلام عليكم
عمّار : وعليكم السلام
علي : هذه صورة أسرتي
عمار : ما شاء الله
عمار : من هذا؟
علي : هذا والدي عدنان. هو مهندس.
عمار : ومن هذه؟
علي : هذه والدتي سعيدة. هي طبيبة
عمار : ومن هذا؟
علي : هذا أخي عيسى. هو طالب.
عمار : ومن هذه؟
علي : هذه أختي عبلة.هي معلمة. وهذا جدّي. وهذه جدّتي.
عمار : ماشاء الله !
د.
حاوروا مع من بجانبك عن أسرتك !!
ه.
تكلم عن الصور التالية مستعينا بالأسئلة التي جانبها !
![]() |
أين يصلي أعضاء أسرة علي؟ كيف يذهب أسرة علي إلى ذلك المكان؟
|
![]() |
كم شخصا يتكون أسرة علي؟ أين يجلس و يتحدث أسرة علي؟ كيف أحوال أسرة
علي؟
|
![]() |
من هذا؟ ماذا فعل؟ أين هو؟
|
![]() |
من هذه؟ أين تجلس؟ ماذا تقرأ؟
|
Malang, 5 November 2014
Guru
Mata Pelajaran,
Nida Atu Dluhriah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar