RPP Maharah
Istima’ Mata Pelajaran Bahasa Arab
SESUAI KURIKULUM 2013
SESUAI KURIKULUM 2013
Sekolah :
Madrasah Aliyah Bahrul Ulum
Mata Pelajaran :
Bahasa Arab
Kelas/Semester :
X/Satu
Materi Pokok : Maharah
Istima’
Sub-Materi Pokok :
Al-Usrah (Keluarga)
Alokasi Waktu : 1
Pertemuan (2 JP).
A.
Tujuan
Pembelajaran
Tujuan
pembelajaran maharah istima’ yang terkait dengan topik keluarga (Al-Usrah) adalah sebagai berikut:
1)
Mensyukuri anugerah Tuhan berupa bahasa Arab sebagai
bahasa Agama dan bahasa pengantar komunikasi
international serta diberi kesempatan untuk mempelajarinya yang diwujudkan
dalam bentuk sikap bangga dan semangat belajar.
2)
Peserta didik
mengenal sistem bunyi bahasa Arab (huruf, kata, frase, maupun kalimat), makna
dan fungsi ungkapan yang terkait dengan keluarga (Al-Usrah).
3)
Peserta didik memperoleh
informasi dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana tentang al-Usrah (keluarga) secara
tepat.
4)
Memperoleh
informasi dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana tentang al-Usrah (keluarga) secara tepat.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
1
|
1.1 Mensyukuri anuge
rah
Tuhan berupa bahasa Arab sebagai bahasa agama dan bahasa pengantar komunikasi
international serta diberi kesempatan untuk mempelajarinya yang diwujudkan
dalam bentuk sikap bangga dan semangat belajar.
|
1.1.1
Memperhatikan pemutaran teks istima’ dan
mencoba berkomunikasi menggunakan kalimat yang didengar
1.1.2
Selalu
mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru bahasa Arab.
|
2
|
2.1 Menunjukkan perilaku santun dan responsive dalam melakukan
komunikasi dengan guru maupun teman
|
2.1.1
Mengacungkan jari telunjuk ketika ingin mengajukan
pertanyaan dan menjawab pertanyaan guru
2.1.2
Tidak menjawab pertanyaan dari guru sebelum diperintah
untuk mengutarakan jawaban
2.1.3
Merespon pertanyaan tentang isi teks yang
diperdengarkan
2.1.4
Menggunakan bahasa Arab
yang baik dan benar ketika
berkomunikasi dengan guru dan teman.
|
3
|
3.1 Memahami sistem bunyi bahasa Arab, makna ungkapan-ungkapan, dan memahami fungsi ungkapan
yang terkait dengan keluarga (al-usrah)
|
3.1. 1
Mengenal
sistem bunyi bahasa Arab baik pada tataran huruf, kata, frase maupun kalimat.
3.1. 2
Membedakan cara pelafalan hamzah dan ‘ain
3.1. 3
Mengenal kosakata tentang keluarga
|
4
|
4. 1 Memperoleh informasi dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana
tentang al-Usrah (keluarga) secara tepat.
|
4.1.1
Melafalkan
kembali kata/kalimat yang didengar dengan benar.
4.1.2
Menemukan arti kosa kata yang
didengar dengan benar.
4.1.3
Mengartikan
kalimat yang didengar dengan tepat
dan benar.
4.1.4
Menyebutkan anggota keluarga Nabi Muhammad.
4.1.5
Menemukan
informasi tersurat dari teks yang didengar
4.1.6
Menemukan
tema teks yang didengar
|
C.
Materi Pembelajaran
Materi pelajaran berupa hiwar tentang keluarga (al-usrah) yaitu tentang سلسلة محمد رسول الله yang terdiri dari:
1)
Fungsi
Sosial
Pengetahuan tentang silsilah Nabi Muhammad dan
keluarga nabi.
2)
Ashwat (membedakan antara pelafalan hamzah dan ‘ain)
1.
يأمُر - يعمُر
2.
وأَدَ - وعد
3.
يعوده- يؤوده
4.
سأل - سعل
5.
تعلمون - تألمون
6.
سؤال – سعال
3)
Kosa kata tentang keluarga
1.
أب
2.
أم
3.
ابن
4.
ابنة
5.
عم
6.
عمة
4)
Isi
Teks Istima’
عمر : هل هذه شجرة ؟
عثمان : نعم، هذه شجرة. هذه
أسرة الرسول
عمر : صلى الله عليه و سلم
عثمان : هذا والده عبد الله
عمر : و هذه والدته آمنة
عثمان : و هذا جده عبد المطلب
عمر : وهذا عمه العباس
عثمان : وهذا عمه حمزة
عمر : وهذه عمته صفية. وهذا
ابنه القاسم، وهذا ابنه عبد الله
عثمان : و هذا ابنه إبراهيم
عمر : و هذه ابنته فاطمة
عثمان : و هذه ابنته رقية، و
هذه زينب
عمر : وهذه ابنته أم كلثوم
D.
Metode Pembelajaran
1)
Sam’iyah syafawiyah
2)
Pendekatan
Saintifik.
E.
Media Pembelajaran, Alat, dan Sumber Belajar
1)
Media : Gambar pohon silsilah nabi Muhammad
2)
Alat : Komputer, LCD, sound sistem, bordmarker, papan tulis, penghapus
3)
Sumber
Belajar : mp3 ,العربية بين يديك (1) صفحة 26
F.
Langkah-Langkah Pembelajaran
a.
Pendahuluan
(10 menit)
1)
Guru mengucapkan salam dan memulai pelajaran
dengan membaca do’a
2)
Guru menyapa dan menanyakan kabar siswa
3)
Guru mengecek kehadiran siswa
4)
Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan
dipelajari
5)
Guru menunjukkan gambar syajarotu usroti Nabi
Muhammad secara langsung menggunakan media komputer (LCD), untuk memberi
stimulus kepada siswa tentang materi yang akan dipelajari.
6)
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan
kompetensi yang harus dimiliki siswa
7)
Guru
menjelaskan gambaran umum tentang materi yang akan dipelajari.
b.
Kegiatan
Inti (70 menit)
Mengamati
1)
Peserta
didik menyimak teks lisan yang diperdengarkan.
2)
Peserta
didik menirukan ujaran yang diperdengarkan.
3)
Peserta
didik mendengarkan penjelasan mengenai makna mufradat yang sulit.
Menanya
1)
Peserta
didik menanyakan arti dan maksud teks lisan yang diperdengarkan.
2)
Peserta
didik menanyakan kosa kata baru yang terdapat dalam teks istima’
Mengeksplorasi
1)
Peserta
didik menemukan informasi dari wacana
yang diperdengarkan.
2)
peserta
didik menemukan tema dari wacana yang diperdengarkan.
3)
Peserta
didik menjawab pertanyaan yang terkait dengan isi wacana yang didengar.
Mengkomunikasikan
1)
Peserta
didik menyampaikan isi pesan dari wacana yang didengar secara lisan.
2)
Peserta
didik menulis kata, frase dan kalimat,
serta menuliskan isi pesan dari wacana yang didengar.
c.
Penutup
(10 menit)
a)
Guru dan peserta didik merefleksi proses
pembelajaran
b)
Guru menyimpulkan materi istima’
tentang silsilatu Muhammad rasulillah
c)
Guru
memberitahukan kepada peserta didik tentang pembelajaran
pada pertemuan berikutnya.
G.
Penilaian
a.
Ranah
yang dinilai : pemahaman materi secara lisan dan tertulis
b.
Teknik
Penilaian : performansi memahami wacana lisan
c.
Instrumen : Lembar performansi (maharah
Istima’) dan tes tulis.
d.
Instrumen
Penilaian
1)
Sikap Spiritual
No
|
Butir KD yang Dinilai
|
Indikator
|
Jumlah
butir instrumen
|
1
|
Mensyukuri Anugerah Tuhan
|
Memperhatikan pemutaran teks istima’ dan
mencoba berkomunikasi menggunakan kalimat yang didengar
|
1
|
Selalu
mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru bahasa Arab.
|
1
|
Implementasi:
a.
Rentangan
Skor
Skor
|
Kreteria
|
Kualifikasi
|
4
|
Selalu melakukan (≥ 3.5)
|
Sangat baik
|
3
|
Sering melakukan ( 2,5 s.d 3,4)
|
baik
|
2
|
Kadang-kadang/jarang melakukan (1,5 s.d 2,4)
|
cukup
|
1
|
Tidak pernah melakukan (≤ 1,4)
|
kurang
|
b.
Lembar
Observasi Teknik Penskoran
Kelas : X
Semester : I
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Waktu
Pengamatan:
KD yang diamati : Mensyukuri Anugrah Tuhan
Indikator Sikap : Lihat pada uraian di atas.
No
|
Nama
|
Skor Sikap
Spiritual
|
Jumlah
|
Skor Akhir
|
Kualifikasi
|
|
Indikator 1
|
Indikator 2
|
|||||
1
|
Lathifah
|
3,5
|
2
|
5,5
|
(5,5:8) x 4= 2,75
|
baik
|
2
|
Amir
|
4
|
3
|
7
|
(7:8) x 4= 3,5
|
Sangat baik
|
2) Sikap Sosial
No.
|
Butir KD yang
Dinilai
|
Indikaator
|
Jumlah butir
instrumen
|
1
|
Santun
|
Mengacungkan
jari telunjuk ketika ingin mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan guru
|
1
|
Tidak
menjawab pertanyaan dari guru sebelum diperintah untuk mengutarakan jawaban
|
1
|
||
2
|
responsif
|
Merespon
pertanyaan tentang isi teks yang diperdengarkan
|
1
|
Menggunakan bahasa Arab
yang baik dan benar ketika
berkomunikasi dengan guru dan teman.
|
1
|
Implementasi:
a.
Rentangan
Skor
Skor
|
Kreteria
|
Kualifikasi
|
4
|
Selalu melakukan
|
Sangat baik
|
3
|
Sering melakukan
|
baik
|
2
|
Kadang-kadang/jarang melakukan
|
cukup
|
1
|
Tidak pernah melakukan
|
kurang
|
b.
Lembar
Observasi Teknik Penskoran
Kelas : X
Semester : I
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Waktu
Pengamatan:
KD yang diamati : Perilaku santun dan responsif
Indikator Sikap : Lihat pada uraian di atas.
No
|
Nama
|
Skor Sikap
Sosial
|
Jumlah
|
Skor Akhir
|
Kualifikasi
|
|||
Indik. 1
|
Indik. 2
|
Indik. 3
|
Indik. 4
|
|||||
1
|
Salma
|
3
|
2
|
4
|
2
|
11
|
(11:16) x4 = 2,75
|
baik
|
2
|
fina
|
2
|
3
|
3
|
4
|
12
|
(12:16) x4 = 3
|
baik
|
3)
Aspek yang Dinilai dalam Maharah Istima’
No.
|
Aspek yang
dinilai
|
Skor Maksimal
|
1
|
Keaktifan
|
10
|
2
|
Keberanian
|
10
|
3
|
Kebenaran
pelafalan
|
20
|
4
|
Pemahaman Isi
materi
|
30
|
5
|
Kebenaran
jawaban
|
30
|
Jumlah
|
100
|
a.
Lembar
Observasi Performansi
Kelas : X
Semester : I
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Waktu
Pengamatan:
KD yang diamati : KD 3 dan KD 4
Indikator KD : Lihat p ada
uraian di atas.
No.
|
Nama
|
Skor peraspek
yang diperoleh
|
Skor yang
diperoleh
|
||||
Keaktifan
|
keberanian
|
Kebenaran pelafalan
|
Pemahaman Isi materi
|
Kebenaran jawaban
|
|||
1
|
Syifa
|
5
|
5
|
10
|
20
|
20
|
60
|
2
|
Salam
|
10
|
10
|
20
|
25
|
30
|
95
|
b.
Soal
7.
ضع علامة √ عندما
تسمع الكلمات :
ع
|
أ
|
8.
هذه الكلمات التي تتعلق بالأسرة، و قلدوني ثم ترجم إلى اللغة الإندونيسية !
أ- أب
ب- أم
ت- ابن
ث- ابنة
ج- عم
ترجم
الجمل فيما يلي !
1.
اسم أمي فاطمة
2.
اسم عمي خالد
3.
اسم جدي أحمد
4.
اسم ابن عمي خليل
9. اذكر أسرةنبينا محمد !
والد
محمد عبد الله
والدة
محمد آمنة
جده عبد المطلب
عمه العباس و حمزة
عمته صفية.
ابنه القاسم،و عبد الله و إبراهيم
ابنته فاطمة و رقية، و زينب و أم كلثوم
اكتب شجرة أسرة نبينا محمد !
1-
أجب شفويا!
(1)
ما اسم نبينا الكريم الذي يذكر في الحوار؟
(2)
مااسم والد محمد ؟
(3)
ما اسم جد محمد؟
(4)
مااسم ابن محمد؟
2-
أجب هذه الأسئلة !
1)
ما موضوع الحوار المسموع !
2)
ما اسم والدة محمد ؟
3)
هل العباس عم محمد ؟
4)
أذكر اسم عم محمد الأخر!
5)
أذكر اسم ابنتا محمد!
Malang, 20 Oktober 2014
Guru
Mata Pelajaran,
Nida Atu Dluhriah
terima kasih
BalasHapusHow to earn a $100 casino bonus - JTM Hub
BalasHapusThis type of 목포 출장마사지 bonus offer 대구광역 출장안마 can be claimed 제천 출장마사지 once and for all, you 광양 출장마사지 can earn up to 포천 출장안마 $100 in free bet credits from these bonus offers.