Senin, 01 Desember 2014

SILABUS BAHASA ARAB MADRASAH ALIYAH KURIKULUM 2013


SILABUS BAHASA ARAB MADRASAH ALIYAH
KURIKULUM 2013
Sekolah                                  : Madrasah Aliyah Bahrul Ulum tambakberas Jombang
Mata Pelajaran                       : Bahasa Arab
Kelas/Semester                      : X/ I

Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran

Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
1.   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.1     Mensyukuri anugerah Tuhan berupa bahasa Arab sebagai bahasa agama dan bahasa pengantar komunikasi international serta diberi kesempatan untuk mempelajarinya, yang diwujudkan dalam bentuk sikap bangga dan semangat belajar.
الوحدة الثالثة
الدرس السابع
(في البيت)
Aktivitas belajar pada KI 1 ini adalah sebagai berikut:

·   Peserta didik membiasakan penggunaan bahasa Arab sebagai alat komunikasi di kelas maupun di luar kelas dengan guru dan teman.
·   Peserta didik membiasakan hadir tepat waktu dalam kegiatan pembelajaran bahasa Arab di kelas.
·  Peserta didik selalu mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru bahasa Arab.
·   (1) observasi terhadap
(a)pembiasaan penggunaan BA di kelas.
(b) kehadiran tepat  waktu, (c) Ketepatan mengerjakan tugas.


Media: Gambar tentang keluarga,

Alat: Komputer LCD

Sumber Belajar: Buku Teks ABY dan Arobiyah lin Nasyi’in

2.   Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
2.1     Menghargai perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, dan santun, dalam melakukan komunikasi interpersonal selama proses pembelajaran
2.2    Menghargai perilaku kerja sama, cinta damai, responsif, dan proaktif dengan melakukan komunikasi, dalam bentuk memberi informasi, bertanya, menjawab, memberi dan melaksanakan instruksi.
2.3     Menghargai perilaku disiplin, tanggung jawab, pola hidup sehat, dan ramah lingkungan melalui mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis deskripsi tentang al-Usrah (keluarga).
Formula ungkapan(ungkapan yang lazim digunakan)

السلام عليكم
وعليكم السلام
من هذا؟
هذا والدي
هذا أخي
هذا جدّي
من هذه؟
هذه والدتي
هذه أختي
Aktivitas belajar pada KI 2 ini tercermin pada kegiatan sebagai berikut.

·   Peserta didik memahami kalimat ungkapan dalam contoh dialog yang berhubungan dengan Al-Usrah (keluarga).
·   Peserta didik menyebutkan anggota keluarga dengan menggunakan bahasa Arab yang baik dan benar.

Observasi :

Kebenaran peserta didik dalam menggunakan kosa kata yang berkaitan dengan keluarga (Al-Usrah)


3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
3.1    Mengidentifikasi bunyi huruf, kata, frasa, dan kalimat Bahasa Arab yang berkaitan dengan al-Usrah (keluarga) baik secara lisan maupun tertulis.
3.2    Memahami hakikat bunyi huruf, kata, frasa, dan kalimat Bahasa Arab yang berkaitan dengan al-Usrah (keluarga baik secara lisan maupun tertulis.


















3.3    Menggunakan kata, frasa, dan kalimat Bahasa Arab dalam wacana yang berkaitan dengan al-Usrah (keluarga ))baik secara lisan maupun tertulis.




















3.4   Memahami peribahasa Arab
Contoh

ا- الأصوات
1.   يأمُر - يعمُر
2.   وأَدَ - وعد
3.   يؤوده - يعوده
4.   سأل - سعل
5.   تألمون - تعلمون
6.   سؤال – سعال


























ب- المفردات
1.     صورة
2.     أسرة
3.     والد
4.     والدة
5.     جد
6.     جدة
7.     ابن
8.     ابنة
ج- الجمل
1.     من هذا؟
2.     هذا والدي
3.     من هذه؟
4.     هذه جدة عمّار
















رُبَّ أخٍ لَمْ تلدْهُ والدةٌ

Aktivitas belajar pada KI 3 adalah sebagai berikut:

Mengamati/Mendengarkan

·        Peserta didik mendengarkan dan menyimak bunyi huruf,kata, frase atau kalimat bahasa Arab yang terkait dengan al-Usrah.
·        Peserta didik menirukan pelafalan dan intonasi bunyi huruf, kata, frase atau kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan.

Menanyakan

·        Peserta didik menanyakan perbedaan pengucapan antar bunyi  bahasa Arab.
·        Peserta didik menanyakan arti kata, frase atau kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan
Mengasosiasi
·        Peserta didik mengidentifikasi bunyi, kata, frase, atau kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan.
·        Peserta didik membandingkan bunyi huruf bahasa Arab yang mirip dan berbeda.
·        Guru mengajukan pertanyaan tentang jenis bunyi huruf, kata, frase, atau kalimat yang diperdengarkan.

Mengkomunikasikan
·        Peserta didik menyampaikan kata, frase, atau kalimat yang diperdengarkan.



Mengamati
·        Peserta didik mengamati bentuk otografi Arab dan cara menulisnya: huruf, kata, frase, dan kalimat bahasa Arab.
·        Peserta didik mengamati guru saat menulis huruf, kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berhubungan dengan (keluarga) Al-Usrah
·        Peserta didik  mengamati kosa kata (mufradat) dan kalimat sebagai contoh.
·        Peserta didik mengamati cara guru melatih menulis ulang huruf, kata, frase, dan kalimat.
·        Peserta didik mengamati guru saat melatih membuat  kosa kata, frase, dan kalimat.

Mengeksplorasi
·        Peserta didik membuat kalimat sederhana berdasarkan kosa kata yang diberikan

Mencoba
·        Peserta didik berlatih menulis ulang kata, frase, dan kalimat.
·        Peserta didik berlatih membuat kalimat sederhana dengan kosa kata yang berhubungan dengan Al-Usrah (keluarga).

Mengkomunikasikan
·        Peserta didik menyampaikan kosa kata yang berhubungan dengan al-Usrah(keluarga).



Mengamati
·        Peserta didik melafalkan peribahasa Arab yang berhubungan dengan al-Usrah (keluarga).
·        Peserta didik mengamati teks peribahasa bahasa Arab dari kata perkata.
·        Peserta didik menemukan arti kata dalam peribahasa Arab.

Menanyakan
·        Peserta didik menanyakan arti dan maksud peribahasa Arab yang berhubungan dengan al-Usrah(keluarga).

Mengasosiasi
·        Peserta didik mencari padanan peribahasa Arab yang berhubungan dengan al-Usrah(keluarga).
·        Peserta didik mencari padanan ayat Al-qur’an tentang persaudaraan.

Mengeksplorasi
·        peserta didik menemukan nilai-nilai yang terkandung dalam peribahasa Arab.

Mengkomunikasikan
·        Peserta didik melafalkan peribahasa Arab yang berhubungan dengan Al-Usrah (keluarga).
·        Peserta didik menghafalkan  peribahasa Arab yang berhubungan dengan Al-Usrah (keluarga).
·        Peserta didik menjelaskan arti peribahasa bahasa Arab yang berhubungan dengan Al-Usrah (kelurga).
·        Aspek yang dinilai: penulisan ulang wacana yang disimak.
·        Kefasihan peserta didik dalam melafalkan kosa kata yang didengarkan
Instrumen : tes lisan
































Penilaian:
·   Kebenaran dalam penulisan ulang kosa kata
·   Membuat kalimat sesuai dengan kosa kata yang diberikan



Instrumen: tes tulis
























·   Cara Penilaian: (1) performansi: menghafalkan dan mencari padanan peribahasa Arab dan ayat Al-qur’an tentang keluarga, dan menemukan nilai-nilai karakter.

·   Instrumen: (1) Tes uraian,

1 x JP  (istima’ dan peribahasa Arab)

4.   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
4.1 Memperoleh informasi dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana tentang al-Usrah (keluarga secara tepat.



















4.2           Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana  tentang al-Usrah (keluarga.

























4.3 Memperoleh berbagai informasi dari wacana tulis sederhana tentang al-Usrah (keluarga secara tepat.






















4.3 Mengungkapkan informasi secara tertulis tentang al-Usrah (keluarga) dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat
فهم المسموع


الوحدة الثانية
الحوار الثاني
26
سلسلة محمد رسول الله





















الحوار الأول :
علي : السلام عليكم
عمّار : وعليكم السلام
علي : هذه صورة أسرتي
عمار : ما شاء الله
عمار : من هذا؟
علي : هذا والدي عدنان. هو مهندس.
عمار : ومن هذه؟
علي : هذه والدتي سعيدة. هي طبيبة
عمار : ومن هذا؟
علي : هذا أخي عيسى. هو طالب.
عمار : ومن هذه؟
علي : هذه أختي عبلة.هي معلمة. وهذا جدّي. وهذه جدّتي.
عمار : ماشاء الله !












فهم المقروء :
عائلة أحمد
تسكن عائلة أحمد في بيت كبير. وهي عائلة نشيطة تعمل كثيرا. هذا والد أحمد في الحديقة يغسل السيارة، و هذه والدته في المطبخ تعدّ طعام الغداء، وهذه أخته في غرفة الطعام وهي تنظّف المائدة، و هذا جده في غرفة الجلوس وهو يجلس خلف الطاولة و يستمع إلى الراديو، و هذه جدته في الحمام وهي تغسل الملابس، وهذا أحمد في غرفة المكتبة وهو يقرأ الكتاب.
          في الظهر تصلي العائلة ثم تجلس حول المائدة و تتناول الغداء.

أ‌-     تكوين الجملة المفيدة:
       طبيبة
       جدّ
       والدة
ب‌-  ترتيب الكلمات الصحيحة
1-      في-هذا-غرفة-أخي-النوم
2-      أبي-هو-هذا-مدرّس
3-      بيت-تسكن-كبير-عائلي-في
ج- تكوين الجملة المفيدة على أساس الأسئلة و الصور.
1-      ماذا تفعل أم علي؟

2-    ماذا يفعل أخ عمّار؟
Aktivitas Belajar KI 4

Mengamati
·    Peserta didik menyimak teks lisan yang diperdengarkan.
·    Peserta didik menirukan ujaran yang diperdengarkan.
·    Peserta didik mendengarkan penjelasan mengenai makna mufradat yang sulit.

Menanya

·    Peserta didik menanyakan arti dan maksud teks lisan yang diperdengarkan.
·    Peserta didik menanyakan kosa kata baru yang terdapat dalam teks istima’

Mengeksplorasi
·    Peserta didik menemukan informasi  dari wacana yang diperdengarkan.
·    peserta didik menemukan tema dari wacana yang diperdengarkan.
·    Peserta didik menjawab pertanyaan yang terkait dengan isi wacana yang didengar.



Mengkomunikasikan
·  Peserta didik menyampaikan isi pesan dari wacana yang didengar secara lisan.
·  Peserta didik  menulis kata, frase dan kalimat, serta menuliskan isi pesan dari wacana yang didengar.


Mengamati
·     Peserta didik memperhatikan dan menirukan kosa kata dan ungkapan-ungkapan yang terkait dengan keluarga (al-usrah) dengan menggunakan model dril mufradat
·      Peserta didik mengamati guru saat memodelkan percakapan (hiwar)  yang terkait dengan keluarga (al-usrah).
·      Peserta didik mencatat mufradat atau ungkapan-ungkapan penting yang terkait dengan keluarga(al-usrah).

Menanya
·     Peserta didik menanyakan mufradat atau ungkapan-ungkapan yang belum dimengerti.
·     Peserta didik menanyakan bagaimana ungkapan-ungkapan yang terkait dengan keluarga (Al-Usrah).

Mencoba
·     Peserta didik mencoba mengenalkan anggota keluarga menggunakan hiwar sederhana kepada teman yang duduk bersebelahan secara bergantian.
·     Peserta didik secara berpasangan melakukan dialog perihal keluarganya dengan cara saling berganti peran.

Mengkomunikasikan
·      Peserta didik memperkenalkan anggota keluarganya kepada guru dan teman-teman di depan kelas secara monolog dengan menggunakan bahasa Arab yang baik dan benar.
·      peserta didik melakukan dialog tentang keluarga di depan kelas dengan menggunakan bahasa Arab yang baik dan benar.


Mengamati
·   Peserta didik memperhatikan guru memodelkan membaca teks baik pelafalan ataupun intonasi bacaan.
·   Peserta didik mencermati teks bahasa Arab yang dibacakan oleh guru.
·   Peserta didik berlatih membaca teks dengan suara keras.

Menanya
·   Peserta didik menanyakan beberapa kosa kata yang dianggap sulit.

Mengeksplorasi
·  Peserta didik menemukan informasi tersurat dan tersirat yang terdapat dalam teks.
·  Peserta didik menemukan hubungan antara isi teks dengan pengalamannya sehari-hari.
·  Peserta didik menyimpulkan isi teks.

Mengkomunikasikan
·   Peserta didik membaca teks dengan suara keras di depan kelas.
·   Peserta didik menceritakan kembali isi teks di depan kelas secara sederhana.
·   Peserta didik menjawab pertanyaan yang terkait dengan isi teks secara singkat.











Mengamati
·   Peserta didik mengamati contoh-contoh kalimat yang dibuat oleh guru.
·  Peserta didik mengamati gambar yang akan diceritakan dalam bentuk karya tulis.

Menanya
·  Peserta didik menanyakan cara penggunaan kosa kata yang tepat dalam sebuah kalimat atau wacana.

Mencoba
·  peserta didik berlatih membuat kalimat  atau wacana.

Mengkomunikasikan

·  Peserta didik mengkomunikasikan hasil karya tulisnya secara tertulis maupun lisan.


·  Cara Penilaian:
Pemahaman materi secara lisan dan tulis
·  Instrumen: tes
































Penilaian: performansi dan dialog di depan kelas
Instrument: tes lisan

Aspek yang dinilai:
Kelancaran, kefasihan pelafalan, dan ekspresi































·  Cara Penilaian: (1)  performansi membaca,
·  Instrumen: (1) Tes membaca keras-

·  Bentuk Tes: Uraian dan objektif (pilihan ganda, salah benar), presentasi hasil membaca.
























Penilaian:
Membuat kalimat sederhana sesuai petunjuk
·   Kebenaran dalam mengamati gambar
·   Kebenaran dalam menyusun kalimat acak
1 x JP






































1xJP











































2 x JP









































1  x JP


Tidak ada komentar:

Posting Komentar