SILABUS BAHASA
ARAB MADRASAH ALIYAH
KURIKULUM 2013
Sekolah :
Madrasah Aliyah Bahrul Ulum tambakberas Jombang
Mata Pelajaran :
Bahasa Arab
Kelas/Semester :
X/ I
Kompetensi
Inti
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1
Mensyukuri
anugerah Tuhan berupa bahasa Arab sebagai bahasa agama dan bahasa pengantar
komunikasi international serta diberi kesempatan untuk mempelajarinya, yang diwujudkan
dalam bentuk sikap bangga dan semangat belajar.
|
الوحدة الثالثة
الدرس السابع
(في البيت)
|
Aktivitas
belajar pada KI 1 ini adalah sebagai berikut:
· Peserta didik membiasakan penggunaan bahasa Arab sebagai alat
komunikasi di kelas maupun di luar kelas dengan guru dan teman.
· Peserta didik membiasakan hadir tepat waktu dalam kegiatan
pembelajaran bahasa Arab di kelas.
· Peserta didik selalu mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru
bahasa Arab.
|
· (1) observasi terhadap
(a)pembiasaan penggunaan BA di kelas.
(b) kehadiran tepat waktu, (c) Ketepatan mengerjakan tugas.
|
|
Media: Gambar tentang keluarga,
Alat: Komputer LCD
Sumber Belajar: Buku Teks ABY dan Arobiyah lin Nasyi’in
|
2.
Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.1 Menghargai perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli, dan santun, dalam melakukan komunikasi interpersonal selama proses pembelajaran
2.2 Menghargai perilaku kerja sama, cinta
damai, responsif, dan proaktif dengan melakukan komunikasi, dalam bentuk
memberi informasi, bertanya, menjawab, memberi dan melaksanakan instruksi.
2.3
Menghargai perilaku disiplin, tanggung jawab, pola
hidup sehat, dan ramah lingkungan melalui mendengarkan, berbicara, membaca
dan menulis deskripsi tentang al-Usrah (keluarga).
|
Formula
ungkapan(ungkapan yang lazim digunakan)
السلام عليكم
وعليكم السلام
من هذا؟
هذا والدي
هذا أخي
هذا جدّي
من هذه؟
هذه والدتي
هذه أختي
|
Aktivitas belajar pada KI 2 ini tercermin pada kegiatan sebagai
berikut.
· Peserta didik memahami kalimat ungkapan dalam contoh dialog yang
berhubungan dengan Al-Usrah (keluarga).
· Peserta didik menyebutkan anggota keluarga dengan menggunakan
bahasa Arab yang baik dan benar.
|
Observasi :
Kebenaran peserta didik dalam menggunakan kosa kata yang berkaitan dengan
keluarga (Al-Usrah)
|
|
|
3.
Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural
dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
3.1
Mengidentifikasi
bunyi huruf, kata, frasa, dan kalimat Bahasa Arab yang berkaitan dengan al-Usrah (keluarga) baik secara
lisan maupun tertulis.
3.2
Memahami
hakikat bunyi huruf, kata, frasa, dan kalimat Bahasa Arab yang berkaitan
dengan al-Usrah (keluarga baik secara lisan maupun tertulis.
3.3
Menggunakan
kata, frasa, dan kalimat Bahasa Arab dalam wacana yang berkaitan dengan al-Usrah (keluarga ))baik secara lisan maupun tertulis.
3.4
Memahami peribahasa Arab
|
Contoh
ا- الأصوات
1. يأمُر - يعمُر
2. وأَدَ - وعد
3. يؤوده - يعوده
4. سأل - سعل
5. تألمون - تعلمون
6. سؤال – سعال
ب- المفردات
1.
صورة
2.
أسرة
3.
والد
4.
والدة
5.
جد
6.
جدة
7.
ابن
8.
ابنة
ج- الجمل
1.
من
هذا؟
2.
هذا
والدي
3.
من
هذه؟
4.
هذه
جدة عمّار
رُبَّ
أخٍ لَمْ تلدْهُ والدةٌ
|
Aktivitas belajar pada KI 3 adalah sebagai berikut:
Mengamati/Mendengarkan
·
Peserta
didik mendengarkan dan menyimak bunyi huruf,kata, frase atau kalimat bahasa
Arab yang terkait dengan al-Usrah.
·
Peserta
didik menirukan pelafalan dan intonasi bunyi huruf, kata, frase atau kalimat
bahasa Arab yang diperdengarkan.
Menanyakan
·
Peserta
didik menanyakan perbedaan pengucapan antar bunyi bahasa Arab.
·
Peserta
didik menanyakan arti kata, frase atau kalimat bahasa Arab yang
diperdengarkan
Mengasosiasi
·
Peserta
didik mengidentifikasi bunyi, kata, frase, atau kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan.
·
Peserta
didik membandingkan bunyi huruf bahasa Arab yang mirip dan berbeda.
·
Guru
mengajukan pertanyaan tentang jenis bunyi huruf, kata, frase, atau kalimat
yang diperdengarkan.
Mengkomunikasikan
·
Peserta
didik menyampaikan kata, frase, atau kalimat yang diperdengarkan.
Mengamati
·
Peserta
didik mengamati bentuk otografi Arab dan cara menulisnya: huruf, kata, frase,
dan kalimat bahasa Arab.
·
Peserta
didik mengamati guru saat menulis huruf, kata, frase, dan kalimat bahasa Arab
yang berhubungan dengan (keluarga) Al-Usrah
·
Peserta
didik mengamati kosa kata (mufradat)
dan kalimat sebagai contoh.
·
Peserta
didik mengamati cara guru melatih menulis ulang huruf, kata, frase, dan
kalimat.
·
Peserta
didik mengamati guru saat melatih membuat
kosa kata, frase, dan kalimat.
Mengeksplorasi
·
Peserta
didik membuat kalimat sederhana berdasarkan kosa kata yang diberikan
Mencoba
·
Peserta
didik berlatih menulis ulang kata, frase, dan kalimat.
·
Peserta
didik berlatih membuat kalimat sederhana dengan kosa kata yang berhubungan
dengan Al-Usrah (keluarga).
Mengkomunikasikan
·
Peserta
didik menyampaikan kosa kata yang berhubungan dengan al-Usrah(keluarga).
Mengamati
·
Peserta
didik melafalkan peribahasa Arab yang berhubungan dengan al-Usrah (keluarga).
·
Peserta
didik mengamati teks peribahasa bahasa Arab dari kata perkata.
·
Peserta
didik menemukan arti kata dalam peribahasa Arab.
Menanyakan
·
Peserta
didik menanyakan arti dan maksud peribahasa Arab yang berhubungan dengan al-Usrah(keluarga).
Mengasosiasi
·
Peserta
didik mencari padanan peribahasa Arab yang berhubungan dengan al-Usrah(keluarga).
·
Peserta
didik mencari padanan ayat Al-qur’an tentang persaudaraan.
Mengeksplorasi
·
peserta
didik menemukan nilai-nilai yang terkandung dalam peribahasa Arab.
Mengkomunikasikan
·
Peserta
didik melafalkan peribahasa Arab yang berhubungan dengan Al-Usrah
(keluarga).
·
Peserta
didik menghafalkan peribahasa Arab
yang berhubungan dengan Al-Usrah (keluarga).
·
Peserta
didik menjelaskan arti peribahasa bahasa Arab yang berhubungan dengan Al-Usrah
(kelurga).
|
·
Aspek
yang dinilai: penulisan ulang wacana yang disimak.
·
Kefasihan
peserta didik dalam melafalkan kosa kata yang didengarkan
Instrumen : tes lisan
Penilaian:
· Kebenaran dalam penulisan ulang kosa kata
· Membuat kalimat sesuai dengan kosa kata yang diberikan
Instrumen: tes tulis
· Cara Penilaian: (1) performansi: menghafalkan dan mencari padanan
peribahasa Arab dan ayat Al-qur’an tentang keluarga, dan menemukan
nilai-nilai karakter.
· Instrumen: (1) Tes uraian,
|
1 x JP (istima’ dan
peribahasa Arab)
|
|
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1 Memperoleh informasi dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana
tentang al-Usrah (keluarga secara tepat.
4.2
Menyampaikan
berbagai informasi lisan sederhana
tentang al-Usrah (keluarga.
4.3 Memperoleh berbagai informasi dari wacana tulis sederhana tentang
al-Usrah (keluarga secara tepat.
4.3
Mengungkapkan informasi secara tertulis tentang al-Usrah (keluarga) dalam
berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat
|
فهم المسموع
الوحدة
الثانية
الحوار الثاني
26
سلسلة
محمد رسول الله
الحوار الأول :
علي : السلام عليكم
عمّار : وعليكم السلام
علي : هذه صورة أسرتي
عمار : ما شاء الله
عمار : من هذا؟
علي : هذا والدي عدنان. هو مهندس.
عمار : ومن هذه؟
علي : هذه والدتي سعيدة. هي طبيبة
عمار : ومن هذا؟
علي : هذا أخي عيسى. هو طالب.
عمار : ومن هذه؟
علي : هذه أختي عبلة.هي معلمة. وهذا جدّي. وهذه
جدّتي.
عمار : ماشاء الله !
فهم المقروء :
عائلة أحمد
تسكن عائلة أحمد في بيت كبير. وهي عائلة نشيطة
تعمل كثيرا. هذا والد أحمد في الحديقة يغسل السيارة، و هذه والدته في المطبخ
تعدّ طعام الغداء، وهذه أخته في غرفة الطعام وهي تنظّف المائدة، و هذا جده في
غرفة الجلوس وهو يجلس خلف الطاولة و يستمع إلى الراديو، و هذه جدته في الحمام
وهي تغسل الملابس، وهذا أحمد في غرفة المكتبة وهو يقرأ الكتاب.
في
الظهر تصلي العائلة ثم تجلس حول المائدة و تتناول الغداء.
أ-
تكوين
الجملة المفيدة:
طبيبة
جدّ
والدة
ب- ترتيب الكلمات الصحيحة
1-
في-هذا-غرفة-أخي-النوم
2-
أبي-هو-هذا-مدرّس
3-
بيت-تسكن-كبير-عائلي-في
ج-
تكوين الجملة المفيدة على أساس الأسئلة و الصور.
1-
ماذا
تفعل أم علي؟
![]()
2-
ماذا
يفعل أخ عمّار؟
![]() |
Aktivitas Belajar KI 4
Mengamati
·
Peserta
didik menyimak teks lisan yang diperdengarkan.
·
Peserta
didik menirukan ujaran yang diperdengarkan.
·
Peserta
didik mendengarkan penjelasan mengenai makna mufradat yang sulit.
Menanya
·
Peserta
didik menanyakan arti dan maksud teks lisan yang diperdengarkan.
·
Peserta
didik menanyakan kosa kata baru yang terdapat dalam teks istima’
Mengeksplorasi
·
Peserta
didik menemukan informasi dari wacana
yang diperdengarkan.
· peserta didik menemukan tema dari wacana yang diperdengarkan.
· Peserta didik menjawab pertanyaan yang terkait dengan isi wacana
yang didengar.
Mengkomunikasikan
· Peserta didik menyampaikan isi pesan dari wacana yang didengar
secara lisan.
· Peserta didik menulis
kata, frase dan kalimat, serta menuliskan isi pesan dari wacana yang
didengar.
Mengamati
· Peserta didik memperhatikan dan menirukan kosa kata dan
ungkapan-ungkapan yang terkait dengan keluarga (al-usrah) dengan
menggunakan model dril mufradat
· Peserta didik mengamati guru saat memodelkan percakapan (hiwar) yang terkait dengan keluarga (al-usrah).
· Peserta didik mencatat mufradat atau ungkapan-ungkapan
penting yang terkait dengan keluarga(al-usrah).
Menanya
· Peserta didik menanyakan mufradat atau ungkapan-ungkapan
yang belum dimengerti.
· Peserta didik menanyakan bagaimana ungkapan-ungkapan yang terkait
dengan keluarga (Al-Usrah).
Mencoba
· Peserta didik mencoba mengenalkan anggota keluarga menggunakan
hiwar sederhana kepada teman yang duduk bersebelahan secara bergantian.
· Peserta didik secara berpasangan melakukan dialog perihal
keluarganya dengan cara saling berganti peran.
Mengkomunikasikan
·
Peserta
didik memperkenalkan anggota keluarganya kepada guru dan teman-teman di depan
kelas secara monolog dengan menggunakan bahasa Arab yang baik dan benar.
· peserta didik melakukan dialog tentang keluarga di depan kelas dengan
menggunakan bahasa Arab yang baik dan benar.
Mengamati
·
Peserta didik memperhatikan guru memodelkan
membaca teks baik pelafalan ataupun intonasi bacaan.
·
Peserta didik mencermati teks bahasa Arab
yang dibacakan oleh guru.
·
Peserta didik berlatih membaca teks dengan
suara keras.
Menanya
·
Peserta didik menanyakan beberapa kosa kata
yang dianggap sulit.
Mengeksplorasi
· Peserta didik menemukan
informasi tersurat dan tersirat yang terdapat dalam teks.
· Peserta didik menemukan hubungan
antara isi teks dengan pengalamannya sehari-hari.
· Peserta didik menyimpulkan isi
teks.
Mengkomunikasikan
·
Peserta didik membaca teks dengan suara
keras di depan kelas.
·
Peserta didik menceritakan kembali isi teks
di depan kelas secara
sederhana.
· Peserta didik menjawab pertanyaan
yang terkait dengan isi teks secara singkat.
Mengamati
· Peserta didik mengamati
contoh-contoh kalimat yang dibuat oleh guru.
· Peserta didik mengamati gambar yang akan diceritakan dalam bentuk
karya tulis.
Menanya
· Peserta didik menanyakan cara penggunaan kosa kata yang tepat
dalam sebuah kalimat atau wacana.
Mencoba
· peserta didik berlatih membuat
kalimat atau wacana.
Mengkomunikasikan
· Peserta didik mengkomunikasikan
hasil karya tulisnya secara tertulis maupun lisan.
|
· Cara Penilaian:
Pemahaman materi secara lisan dan tulis
· Instrumen: tes
Penilaian: performansi dan dialog di depan kelas
Instrument: tes lisan
Aspek yang dinilai:
Kelancaran, kefasihan pelafalan, dan ekspresi
· Cara Penilaian: (1)
performansi membaca,
· Instrumen: (1) Tes membaca keras-
· Bentuk Tes: Uraian dan objektif (pilihan ganda, salah benar),
presentasi hasil membaca.
Penilaian:
Membuat kalimat sederhana sesuai petunjuk
· Kebenaran dalam mengamati gambar
· Kebenaran dalam menyusun kalimat acak
|
1 x JP
1xJP
2 x JP
1 x JP
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar