RPP Maharah
Kitabah Mata Pelajaran Bahasa Arab
Sesuai kurikulum 2013
Sekolah :
Madrasah Aliyah Bahrul Ulum
Mata Pelajaran :
Bahasa Arab
Kelas/Semester :
X/Satu
Materi Pokok : Maharah
Kitabah
Sub-Materi Pokok :
Al-Usrah (Keluarga)
Alokasi Waktu : 1
Pertemuan (2 JP).
A.
Tujuan
Pembelajaran
Tujuan
pembelajaran maharah Kitabah yang terkait dengan topik keluarga (Al-Usrah) adalah sebagai berikut:
1)
Mensyukuri anugerah Tuhan berupa bahasa Arab sebagai
bahasa Agama dan bahasa pengantar komunikasi
internasional serta
diberi kesempatan untuk mempelajarinya yang diwujudkan dalam bentuk sikap
bangga dan semangat belajar.
2)
Peserta didik
mengenal sistem bunyi bahasa Arab (huruf, kata, frase, maupun kalimat), makna
dan fungsi ungkapan yang terkait dengan keluarga (Al-Usrah).
3)
Menggunakan kata, frasa, dan kalimat Bahasa Arab dalam menulis
karangan berbahasa Arab yang terkait dengan al-Usrah (keluarga).
4)
Mengungkapkan informasi secara tertulis tentang al-Usrah (keluarga) dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
1
|
1.1 Mensyukuri anuge rah
Tuhan berupa bahasa Arab sebagai bahasa agama dan bahasa pengantar komunikasi
internasional serta
diberi kesempatan untuk mempelajarinya yang diwujudkan dalam bentuk sikap
bangga dan semangat belajar.
|
1.1.1
Membiasakan membuat karangan tertulis berbahasa Arab
di kelas maupun di luar kelas dengan guru dan teman baik berupa karangan bebas ataupun terikat.
1.1.2
Membiasakan
hadir tepat waktu dalam kegiatan pembelajaran bahasa Arab di kelas.
1.1.3
Selalu
mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru bahasa Arab.
|
2
|
2.1 Menunjukkan perilaku santun, responsif dalam
melakukan komunikasi dengan guru maupun teman
|
2.1.1
Mengacungkan jari telunjuk ketika ingin mengajukan
pertanyaan dan menjawab pertanyaan guru
2.1.2
Tidak menjawab pertanyaan dari guru sebelum diperintah
untuk mengutarakan jawaban
2.1.3
Merespon pelajaran dengan menanyakan hal-hal yang
kurang jelas tentang semua hal yang berkaitan dengan Al-Usrah
(keluarga).
|
3
|
3.1 Menggunakan kata, frasa, dan kalimat Bahasa Arab dalam menulis karangan berbahasa Arab yang terkait dengan al-Usrah (keluarga).
|
3.1.1
Berlatih
menulis kata, frase, dan kalimat yang berhubungan dengan Al-Usrah (keluarga).
3.1.2
Menggunakan kosa kata yang berhubungan dengan Al-Usrah
(keluarga) menjadi kalimat sederhana.
|
4
|
4. 1
Mengungkapkan informasi secara tertulis tentang al-Usrah (keluarga) dalam
berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat .
|
4.1.1
Meniru pola kalimat yang diberikan guru dengan menggunakan jumlah fi’liyah dan ismiyah yang
terkait dengan al-usrah (keluarga) .
4.1.2
Membuat contoh jumlah mufidah tentang Al-Usrah (keluarga).
4.1.3
Mengurutkan kata menjadi kalimat sempurna.
4.1.4
Menceritakan gambar dalam
bentuk karya tulis sederhana.
4.1.5
Menyusun paragraf yang terkait
dengan keluarga (al-usrah) berdasarkan pertanyaan.
|
C.
Materi Pembelajaran
Materi pelajaran maharah kitabah ini terdiri dari:
1)
Mufrodat tentang keluarga
1.
صورة
2.
أسرة
3.
والد
4.
والدة
5.
جد
6.
جدة
7.
ابن
2)
Qowaid tentang jumlah fi’liyah dan ismiyah
Jumlah Fi’liyah
Jumlah Fi’liyah adalah setiap jumlah/kalimat yang terdiri dari fi’il dan fa’il.
Contoh :
1.
نظّفت فاطمة
حجرتها كل يوم
فعل فاعل
2.
ذهب أبي إلي المستشفى
3.
تشتري أمي البرتقال
Jumlah
Ismiyah
Julah Ismiyah adalah setiap
jumlah/kalimat yang terdiri dari Mubtada dan Khobar.
Contoh :
4. هذه أختي الصغيرة
مبتدأ خبر
5. أبي طبيب
6. جدي مدرس
D.
Metode Pembelajaran
1) Metode pembelajaran langsung.
2)
Pendekatan
Saintifik.
E.
Media Pembelajaran, Alat, dan Sumber Belajar
1)
Media : PPT tentang jumlah fi’liyah dan ismiyah
2)
Alat : Komputer, LCD, bordmarker, papan tulis, penghapus
3)
Sumber
Belajar : النحو واضح
F.
Langkah-Langkah Pembelajaran
a.
Pendahuluan
(10 menit)
1)
Guru mengucapkan salam dan memulai pelajaran
dengan membaca do’a
2)
Guru menyapa dan menanyakan kabar siswa
3)
Guru mengecek kehadiran siswa
4)
Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan
dipelajari
5)
Guru menunjukkan gambar kosa kata tentang Al-usrah
(keluarga) secara langsung menggunakan media komputer (LCD), untuk
memberi stimulus kepada siswa tentang materi yang akan dipelajari.
6)
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan
kompetensi yang harus dimiliki siswa
7)
Guru
menjelaskan gambaran umum tentang materi yang akan dipelajari.
b.
Kegiatan
Inti (70 menit)
Mengamati
1.
Peserta
didik mengamati contoh-contoh kalimat yang dibuat oleh guru.
2.
Peserta
didik mengamati gambar yang akan diceritakan dalam bentuk karya tulis.
Menanya
1.
Peserta
didik menanyakan cara penggunaan kosa kata yang tepat dalam sebuah kalimat atau
wacana.
Mencoba
1. peserta didik berlatih membuat
kalimat atau wacana.
Mengkomunikasikan
1. Peserta didik mengkomunikasikan
hasil karya tulisnya secara tertulis maupun lisan.
c.
Penutup
(10 menit)
1.
Guru
mengecek ulang pemahaman peserta didik tentang makna dan fungsi
ungkapan-ungkapan yang terkait dengan keluarga (Al-Usrah).
2.
Guru
bersama-sama peserta didik membuat konklusi tentang materi yang baru
dipelajari.
3.
Guru
meminta peserta didik untuk memberikan refleksi (bisa berupa kesan, pesan,
kritik, saran perbaikan) terhadap sistem pembelajaran yang baru saja
berlangsung.
4.
Guru
memberitahukan kepada peserta didik tentang keterampilan berbahasa Arab yang
akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
G.
Penilaian
a.
Ranah
yang dinilai : Qowaid, Kebenaran penulisan kata, Anmathul
Jumal ,Isi dan Kesesuaian paragraf
(maharah Kitabah)
a.
Teknik
Penilaian : Observasi dan tes tulis
b.
Instrumen : Lembar observasi sikap
dan tes tulis (maharah Kitabah).
c.
Instrumen
Penilaian
1)
Sikap Spiritual
No
|
Butir KD yang Dinilai
|
Indikator
|
Jumlah
butir instrumen
|
1
|
Mensyukuri Anugerah Tuhan
|
Membiasakan membuat karangan tertulis berbahasa Arab
di kelas maupun di luar kelas dengan guru dan teman baik berupa karangan bebas ataupun terikat.
|
1
|
Membiasakan hadir
tepat waktu dalam kegiatan pembelajaran bahasa Arab di kelas.
|
1
|
||
Selalu
mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru bahasa Arab.
|
1
|
Implementasi:
a.
Rentangan
Skor
Skor
|
Kreteria
|
Kualifikasi
|
4
|
Selalu melakukan (≥ 3.5)
|
Sangat baik
|
3
|
Sering melakukan ( 2,5 s.d 3,4)
|
baik
|
2
|
Kadang-kadang/jarang melakukan (1,5 s.d 2,4)
|
cukup
|
1
|
Tidak pernah melakukan (≤ 1,4)
|
kurang
|
b.
Lembar
Observasi Teknik Penskoran
Kelas : X
Semester : I
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Waktu
Pengamatan:
KD yang diamati : Mensyukuri Anugerah Tuhan
Indikator Sikap : Lihat pada uraian di atas.
No
|
Nama
|
Skor Sikap Spiritual
|
Jumlah
|
Skor Akhir
|
Kualifikasi
|
||
Indikator 1
|
Indikator 2
|
Indikator 3
|
|||||
1
|
Diah
|
3,5
|
2
|
3,5
|
9
|
(9:12)x 4= 3
|
baik
|
2
|
Feri
|
4
|
3
|
4
|
11
|
(11:12) x 4= 3,7
|
Sangat baik
|
2) Sikap Sosial
No.
|
Butir KD yang
Dinilai
|
Indikaator
|
Jumlah butir
instrumen
|
1
|
Santun
|
Mengacungkan jari telunjuk ketika ingin mengajukan pertanyaan dan
menjawab pertanyaan guru
|
1
|
Tidak menjawab pertanyaan dari guru sebelum diperintah untuk mengutarakan
jawaban
|
1
|
||
2
|
Responsif
|
Merespon pelajaran dengan menanyakan hal-hal yang kurang jelas tentang
semua hal yang berkaitan dengan Al-Usrah (keluarga).
|
1
|
Implementasi:
a.
Rentangan
Skor
Skor
|
Kreteria
|
Kualifikasi
|
4
|
Selalu melakukan
|
Sangat baik
|
3
|
Sering melakukan
|
baik
|
2
|
Kadang-kadang/jarang melakukan
|
cukup
|
1
|
Tidak pernah melakukan
|
kurang
|
b.
Lembar
Observasi Teknik Penskoran
Kelas : X
Semester : I
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Waktu
Pengamatan:
KD yang diamati : Perilaku santun dan responsif
Indikator Sikap : Lihat pada uraian di atas.
Nama
|
Skor Sikap
Sosial
|
jmlh
|
Skor Akhir
|
Kualifikasi
|
||
Indik 1
|
Indik 2
|
Indik3
|
||||
Fida
|
3
|
2
|
4
|
9
|
(9:12) x4 = 3
|
Sangat Baik
|
Nisa
|
4
|
4
|
4
|
12
|
(12:12) x4 = 4
|
Sangat baik
|
3)
Aspek yang Dinilai dalam Maharah Kitabah
No.
|
Aspek yang
dinilai
|
Skor Maksimal
|
1
|
Qowaid
|
20
|
2
|
Kebenaran penulisan
kata
|
20
|
3
|
Anmathul Jumal
|
20
|
4
|
Isi
|
20
|
5
|
Kesesuaian
paragraf
|
20
|
100
|
a.
Lembar
Observasi tes menulis
Kelas : X
Semester : I
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Waktu
Pengamatan:
KD yang diamati : KD 3 dan KD 4
Indikator KD : Lihat pada uraian di atas.
No.
|
Nama
|
Skor peraspek
yang diperoleh
|
Skor yang
diperoleh
|
||||
Qowaid
|
Kebenaran
penulisan kata
|
Anmathul Jumal
|
Isi
|
Kesesuaian
paragraf
|
|||
1
|
Lia
|
5
|
5
|
10
|
20
|
20
|
60
|
2
|
Dani
|
10
|
10
|
20
|
20
|
15
|
75
|
b.
Soal
أ-
اكتب عشر
مفردات عن الأسرة !
ب-
كوّن جملا
مفيدة عن الأسرة باستخدام المفردات الأتية:
طبيبة
جدّ
والدة
ج-
اكتب خمس جمل
مفيدة باستخدام الجملة الفعلية و الاسمية !
د-
رتب هذه
الكلمات لتكون جملة مفيدة !
1-
في-هذا-غرفة-أخي-النوم
2-
أبي-هو-هذا-مدرّس
3-
بيت-تسكن-كبير-عائلي-في
ه- كون الجملة
المفيدة على أساس الصور!
1- ماذا
تفعل أم علي؟

2- ماذا
يفعل أخ عمّار؟

و-
اكتب ثلاث فقرات عن الأسرة باستخدام هذه العناصر !
1.
أعضاء أسرتك
2.
أحوال أسرتك
من ناحية المرحلة الدراسية
3.
الأنشطة
اليومية في أسرتك
Malang, 5 November 2014
Guru
Mata Pelajaran,
Nida Atu Dluhriah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar