RPP Maharah
Qira’ah Mata Pelajaran Bahasa Arab
Sesuai Kurikulum 2013
Sekolah :
Madrasah Aliyah Bahrul Ulum
Mata Pelajaran :
Bahasa Arab
Kelas/Semester :
X/Satu
Materi Pokok : Maharah
Qira’ah
Sub-Materi Pokok :
Al-Usrah (Keluarga)
Alokasi Waktu : 1
Pertemuan (2 JP).
A.
Tujuan
Pembelajaran
Tujuan
pembelajaran Maharah Qira’ah yang terkait dengan topik keluarga (Al-Usrah) adalah sebagai berikut:
1)
Mensyukuri anugerah Tuhan berupa bahasa Arab sebagai
bahasa Agama dan bahasa pengantar komunikasi
internasional serta
diberi kesempatan untuk mempelajarinya yang diwujudkan dalam bentuk sikap
bangga dan semangat belajar.
2)
Peserta didik
mengenal sistem bunyi bahasa Arab (huruf, kata, frase, maupun kalimat), makna
dan fungsi ungkapan yang terkait dengan keluarga (Al-Usrah).
3)
Peserta didik mampu membaca keras dengan intonasi dan
makhorijul huruf yang tepat.
4)
memperoleh informasi dari berbagai bentuk wacana tulis sederhana
tentang al-Usrah (keluarga) secara
tepat.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
1
|
1.1 Mensyukuri anuge
rah
Tuhan berupa bahasa Arab sebagai bahasa agama dan bahasa pengantar komunikasi
internasional serta
diberi kesempatan untuk mempelajarinya yang diwujudkan dalam bentuk sikap
bangga dan semangat belajar.
|
1.1.1
Membiasakan membaca karangan berbahasa
Arab baik di dalam atau luar kelas.
1.1.2
Membiasakan
hadir tepat waktu dalam kegiatan pembelajaran bahasa Arab di kelas.
1.1.3
Selalu
mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru bahasa Arab.
|
2
|
2.1 Menunjukkan perilaku santun, responsif, proaktif
dalam melakukan komunikasi dengan guru maupun teman
|
2.1.1
Mengacungkan jari telunjuk ketika ingin mengajukan
pertanyaan dan menjawab pertanyaan guru
2.1.2
Tidak menjawab pertanyaan dari guru sebelum diperintah
untuk mengutarakan jawaban
2.1.3
Merespon pertanyaan guru yang berhubungan dengan Al-Usrah
(keluarga).
2.1.4
Membaca dengan lancar, cermat, tepat dan keras wacana
tertulis tentang al-Usrah (keluarga).
|
3
|
3.1
Menggunakan
kata, frasa, dan kalimat Bahasa Arab dalam teks yang berkaitan dengan al-Usrah (keluarga) secara tertulis.
|
3.1.1
Membaca dengan lancar, cermat dan tepat teks bacaan
tentang al-usrah (keluarga).
3.1.2
Menentukan arti kosa kata dalam konteks kalimat yang
terkait dengan Al-Usrah (keluarga).
3.1.3
Menemukan jumlah fi’liyah yang terdapat dalam
wacana tulis tentang al-Usrah (keluarga).
3.1.4
Membuat 5 jumlah fi’liyah yang berhubungan
dengan al-Usrah (keluarga).
|
4
|
4. 1 Memperoleh informasi dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana
tentang al-Usrah (keluarga) secara tepat.
|
4.1.1
Menemukan fakta tersurat dalam
wacana tertulis tentang al-Usrah (keluarga).
4.1.2
Menemukan fakta tersirat dalam
wacana tertulis tentang al-Usrah (keluarga).
4.1.3
Menemukan ide pokok paragraf dalam wacana tertulis
tentang al-Usrah (keluarga).
4.1.4
Menyimpulkan isi wacana
tertulis tentang al-Usrah (keluarga).
|
C.
Materi Pembelajaran
Materi pelajaran berupa hiwar tentang keluarga (al-usrah) yaitu tentang yang terdiri dari:
1)
Fungsi
Sosial
Memperkenalkan keluarga
2)
Mufrodat tentang keluarga
1.
عائلة
2.
نشيطة
3.
غسل - يغسل
4.
أعدّ - يعدّ
5.
الغداء
6.
نظف - ينظف
7.
المائدة
8.
الطاولة
9.
استمع - يستمع
3)
Isi
Teks Qira’ah
عائلة أحمد
تسكن عائلة أحمد في بيت كبير. وهي عائلة نشيطة
تعمل كثيرا. هذا والد أحمد في الحديقة يغسل السيارة، و هذه والدته في المطبخ تعدّ
طعام الغداء، وهذه أخته في غرفة الطعام وهي تنظّف المائدة، و هذا جده في غرفة
الجلوس وهو يجلس خلف الطاولة و يستمع إلى الراديو، و هذه جدته في الحمام وهي تغسل
الملابس، وهذا أحمد في غرفة المكتبة وهو يقرأ الكتاب.
في الظهر تصلي
العائلة ثم تجلس حول المائدة و تتناول الغداء.
D.
Metode Pembelajaran
1) Pendekatan qira’ah wa tarjamah.
2)
Pendekatan
Saintifik.
E.
Media Pembelajaran, Alat, dan Sumber Belajar
1)
Media : Teks
Bahasa Arab عائلة
أحمد
2)
Alat : Komputer, LCD, bordmarker, papan tulis, penghapus
3)
Sumber
Belajar : العربية للناشئين
F.
Langkah-Langkah Pembelajaran
a.
Pendahuluan
(10 menit)
1)
Guru mengucapkan salam dan memulai pelajaran
dengan membaca do’a
2)
Guru menyapa dan menanyakan kabar siswa
3)
Guru mengecek kehadiran siswa
4)
Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan
dipelajari
5)
Guru menunjukkan teks berbahasa Arab عائلة أحمد
secara langsung menggunakan media komputer (LCD), untuk memberi stimulus kepada
siswa tentang materi yang akan dipelajari.
6)
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan
kompetensi yang harus dimiliki siswa
7)
Guru
menjelaskan gambaran umum tentang materi yang akan dipelajari.
b.
Kegiatan
Inti (70 menit)
Mengamati
1.
Peserta
didik memperhatikan guru memodelkan membaca teks baik pelafalan ataupun
intonasi bacaan.
2.
Peserta
didik mencermati teks bahasa Arab yang dibacakan oleh guru.
3.
Peserta
didik berlatih membaca teks dengan suara keras.
Menanya
1.
Peserta
didik menanyakan beberapa kosa kata yang dianggap sulit.
Mengeksplorasi
1.
Peserta
didik menemukan informasi tersurat dan tersirat yang terdapat dalam teks.
2.
Peserta
didik menemukan hubungan antara isi teks dengan pengalamannya sehari-hari.
3.
Peserta
didik menyimpulkan isi teks.
Mengkomunikasikan
1.
Peserta
didik membaca teks dengan suara keras di depan kelas.
2.
Peserta
didik menceritakan kembali isi teks di depan kelas secara sederhana.
3.
Peserta
didik menjawab pertanyaan yang terkait dengan isi teks secara singkat.
c.
Penutup
(10 menit)
1.
Guru
mengecek ulang pemahaman peserta didik tentang teks yang
terkait dengan keluarga (Al-Usrah).
2.
Guru
bersama-sama peserta didik membuat konklusi tentang materi yang baru
dipelajari.
3.
Guru
meminta peserta didik untuk memberikan refleksi (bisa berupa kesan, pesan,
kritik, saran perbaikan) terhadap sistem pembelajaran yang baru saja berlangsung.
4.
Guru
memberitahukan kepada peserta didik tentang keterampilan berbahasa Arab yang
akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
G.
Penilaian
a.
Ranah
yang dinilai : Sikap dan Performansi
berbahasa Arab (maharah Qira’ah)
b.
Teknik
Penilaian : Observasi dan Performansi
c.
Instrumen : Lembar observasi sikap
dan performansi (maharah Qira’ah).
d.
Instrumen
Penilaian
1)
Sikap Spiritual
No
|
Butir KD yang Dinilai
|
Indikator
|
Jumlah
butir instrumen
|
1
|
Mensyukuri Anugerah Tuhan
|
Membiasakan membaca karangan berbahasa
Arab baik di dalam atau luar kelas.
|
1
|
Membiasakan
hadir tepat waktu dalam kegiatan pembelajaran bahasa Arab di kelas.
|
1
|
||
Selalu
mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru bahasa Arab.
|
1
|
Implementasi:
a.
Rentangan
Skor
Skor
|
Kreteria
|
Kualifikasi
|
4
|
Selalu melakukan (≥ 3.5)
|
Sangat baik
|
3
|
Sering melakukan ( 2,5 s.d 3,4)
|
baik
|
2
|
Kadang-kadang/jarang melakukan (1,5 s.d 2,4)
|
cukup
|
1
|
Tidak pernah melakukan (≤ 1,4)
|
kurang
|
b.
Lembar
Observasi Teknik Penskoran
Kelas : X
Semester : I
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Waktu
Pengamatan:
KD yang diamati : Mensyukuri Anugerah Tuhan
Indikator Sikap : Lihat pada uraian di atas.
No
|
Nama
|
Skor Sikap Spiritual
|
Jumlah
|
Skor Akhir
|
Kualifikasi
|
||
Indikator 1
|
Indikator 2
|
Indikator 3
|
|||||
1
|
Lathifah
|
3,5
|
2
|
3,5
|
9
|
(9:12)x 4= 3
|
baik
|
2
|
Amir
|
4
|
3
|
4
|
11
|
(11:12) x 4= 3,7
|
Sangat baik
|
2) Sikap Sosial
No.
|
Butir KD yang
Dinilai
|
Indikaator
|
Jumlah butir
instrumen
|
1
|
Santun
|
Mengacungkan jari telunjuk ketika ingin mengajukan pertanyaan dan
menjawab pertanyaan guru
|
1
|
Tidak menjawab pertanyaan dari guru sebelum diperintah untuk mengutarakan
jawaban
|
1
|
||
2
|
Responsif
|
Merespon pertanyaan guru yang berhubungan dengan Al-Usrah
(keluarga).
|
1
|
3
|
Proaktif
|
Membaca dengan lancar, cermat, tepat dan keras wacana tertulis tentang al-Usrah (keluarga).
|
1
|
Implementasi:
a.
Rentangan
Skor
Skor
|
Kreteria
|
Kualifikasi
|
4
|
Selalu melakukan
|
Sangat baik
|
3
|
Sering melakukan
|
baik
|
2
|
Kadang-kadang/jarang melakukan
|
cukup
|
1
|
Tidak pernah melakukan
|
kurang
|
b.
Lembar
Observasi Teknik Penskoran
Kelas : X
Semester : I
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Waktu
Pengamatan:
KD yang diamati : Perilaku santun dan responsif
Indikator Sikap : Lihat pada uraian di atas.
Nama
|
Skor Sikap
Sosial
|
jmlh
|
Skor Akhir
|
Kualifikasi
|
|||||
Indik 1
|
Indik 2
|
Indik3
|
Indik 4
|
Indik 5
|
Indik6
|
||||
Salma
|
3
|
2
|
4
|
2
|
2
|
1
|
14
|
(14:24) x6 = 3,5
|
Sangat baik
|
fina
|
2
|
2
|
2
|
4
|
1
|
2
|
13
|
(13:24) x6 = 3,25
|
baik
|
3)
Aspek yang Dinilai dalam Maharah Qira’ah
No.
|
Aspek yang
dinilai
|
Skor Maksimal
|
1
|
Kebenaran
bacaan
|
20
|
2
|
Intonasi
|
20
|
3
|
Kelancaran
|
20
|
4
|
Pemahaman
|
30
|
5
|
Kepercayaan
diri
|
10
|
|
|
100
|
a.
Lembar
Observasi Performansi
Kelas : X
Semester : I
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Waktu
Pengamatan:
KD yang diamati : KD 3 dan KD 4
Indikator KD : Lihat p ada
uraian di atas.
No.
|
Nama
|
Skor peraspek
yang diperoleh
|
Skor yang
diperoleh
|
||||
Kebenaran
bacaan
|
Intonasi
|
Kelancaran
|
Pemahaman
|
Kepercayaan
diri
|
|||
1
|
Syifa
|
5
|
5
|
10
|
20
|
20
|
60
|
2
|
Salam
|
10
|
10
|
20
|
25
|
30
|
95
|
b.
Soal
أ.
اقرأ
النص الآتي قراءة فصيحة و جهريا !
عائلة أحمد
تسكن
عائلة أحمد في بيت كبير. وهي عائلة نشيطة تعمل كثيرا. هذا والد أحمد في الحديقة
يغسل السيارة، و هذه والدته في المطبخ تعدّ طعام الغداء، وهذه أخته في غرفة الطعام
وهي تنظّف المائدة، و هذا جده في غرفة الجلوس وهو يجلس خلف الطاولة و يستمع إلى
الراديو، و هذه جدته في الحمام وهي تغسل الملابس، وهذا أحمد في غرفة المكتبة وهو
يقرأ الكتاب.
في
الظهر تصلي العائلة ثم تجلس حول المائدة و تتناول الغداء.
ب.
أجب
الأسئلة !!
1.
أين
تسكن عائلة أحمد؟
2.
من يغسل السيارة في الحديقة؟
3.
ماذا
فعل والدة أحمد
4.
أين
أخت أحمد
5.
من يجلس خلف الطاولة ؟
ت.
اختر
الإجابة الصحيحة !
6.
يسكن جد أحمد في القرية . ضد جد ....
-
عم - أب - جدة
2.
سافر ت أم علي إلى جاكرتا . مرادف أم ...
-
أمة - ولدة - والدة
3.
قد ولد ابن سالم في العاشر من مايو سنة 2013. جمع ابن ...
-
بناء - أبناء - ابناء
4.
عائلة أحمد كبيرة . مرادف عائلة .....
-
أسرة - أمة - أسر
ج . ابحثوا
خمس جمل الفعلية من ذلك النص!!
ه.
هات ثلاثة أمثلة من جمل فعلية عن الأسرة !
و.
ما الفكرة
الرئيسية في ذلك النص !
ز.
اكتب
نصا بسيطا عن الأسرة !
Malang, 5 November 2014
Guru
Mata Pelajaran,
Nida Atu Dluhriah
thankyou
BalasHapusbermanfaat sekali. semoga ilmunya tambah berkah. aamiin.
BalasHapus